INDAHNYA MENJADI SEORANG MAHASISWA

Selasa, 30 November 2010

warnet

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN D’NET

Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Internet memiliki fungsi sebagai media komunikasi, Media pertukaran data, Media untuk mencari informasi atau data, dan memberi kemudahan bertransaksi dan berbisnis.Internet sudah menjadi kebutuhan sekarang. Apalagi bagi mereka yang mencari rejeki di dunia maya. Hampir semua kalangan sudah bisa membuka internet, mulai dari kalangan sekolahan SD, SMP, sampai para ibu rumah tangga pun tau. Banyak yang bisa di dapat melalui internet. Mencari informasi, membaca berita, mencari tugas, mencari gambar, mencari lirik lagu, mencari duit juga bisa. Maka, banyak orang sekarang yang sangat mengelu-elukan si internet ini.

Di setiap sudut jaringan komputer di seluruh dunia saat ini, orang bekerja, hidup, belajar dan hiburan sedang mengalami perubahan besar, orang dapat sepenuhnya menikmati kesempatan yang ditawarkan oleh fasilitas teknologi jaringan dan layanan. Pesatnya perkembangan pengguna Internet tumbuh secara eksponensial setiap tahunnya.

Membuat warnet dan multiplayer games menjadi semakin rame, banyak pengunjungnya dan pc pun tidak ada yang tidak terpakai. Itu semua tujuan dari admin warnet, ingin palanggan yang main merasa puas dengan pelayanannya, puas dengan vasilitas yang di berikan, puas dengan fiture yang ada pada spek komputer atau billing yang di gunakannya.

Dengan munculnya warung-warung Internet telah memberikan kontribusi signifikan terhadap tingkat penetrasi komputer, memberikan liburan, hiburan, pembelajaran jaringan waktu dan ruang. Tentu saja, koin setiap memiliki dua sisi, jaringan telah membawa kita dalam hal yang baik dalam waktu yang sama, juga mengambil keuntungan dari beberapa informasi yang buruk, seperti kekerasan, pornografi, propaganda reaksioner, tapi karena karakteristik jaringan itu sendiri, sangat sulit untuk departemen keamanan publik kontrol akses masyarakat miskin terhadap informasi tersebut, tidak hanya tidak bisa menutup semua sambungan untuk mencegah penyebaran informasi yang berbahaya dan tidak bisa membuka semua sambungan dan membiarkan informasi buruk untuk datang dan pergi dengan bebas, ceroboh merajalela.

Warung Internet menyediakan jasa akses internet dengan biaya murah. Dimana pelanggan akan menyewa jasa tersebut dengan biaya yang akan dibayarkan adalah per jamnya dan dengan akses yang bebas. Karena kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh warnet misalnya hak akases yang bebas untuk semua pelanggan baik itu anak-anak, remaja, dan orang dewasa ini menimbulkan hal-hal yang positif dan negatif. Jika seseorang tidak terbiasa dengan kebebasan yang diberikan, maka warnet akan menjdi tempat yang negatif. Tetapi jika seseorang sudah terbiasa dan dan dapat mengendalikannya maka warnet akan menjadi tempat yang positif.

Internet kerap disampaikan dan dipercaya memiliki khasiat antibiotik untuk mengatasi berbagai problem sosio-kultur masyarakat. Tetapi tanpa disadari, hal tersebut terlalu dipercaya dan terlalu banyak memperdaya, sehingga ahli-ahli memaparkan Internet malah menimbulkan efek samping yang celakanya kerap dipercaya sebagai konsekuensi logis yang harus diterima. Warung internet sebagai jasa yang menyediakan layanan internet akan selalu memberikan suasana yang nyaman bagi pelanggannya dari segi apapun dan untuk siapapun tanpa membedakan latar belakang.

WarNet (Warung Internet), yang merupakan salah satu sarana bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi remaja dan kalangan mahasiswa untuk menambah wawasan dengan cara yang relatif murah, melakukan diskusi secara kelompok maupun terpisah, mengirim surat eletronik (Electronic Mail), melakukan pertukaran data dan program kepada seorang atau beberapa orang sekaligus dalam satu waktu dan sebagainya. Karena manfaat-manfaat tersebutlah internet dengan fasilitas warung internet di bidang pendidikan telah menjadi sesuatu yang lumrah dan merupakan salah satu dampak positif bagi kemajuan manusia.

System informasi manajemen diwarnet berupa system billing. Billing berasal dari bahasa Inggris yaitu bill yang artinya bukti transaksi pembayaran. Maka billing dapat juga diartikan mengirimkan bukti transaksi, atau mengumumkan bukti transaksi. Sistem billing merupakan sistem yang bertujuan untuk mengatur dan mencatat segala transaksi yang terjadi. billing sistem digunakan untuk memonitor penggunaan dan pemasukan warnetnya. Pada dasarnya sistem billing merupakan sistem pencatat dan pemonitor transaksi berbentuk software. Awalnya penciptanya hanya menciptakan sistem billing ini berbentuk software yang jika orang ingin memilikinya mereka haruslah membeli software tersebut dan kemudian menginstallnya ke komputer atau notebook mereka.

Tetapi kini, dengan adanya internet, kemudian software-software tersebut dapat di download melalui situs-situs yang disediakan. Ada bermacam-macam model sistem billing dengan kelebihan dan kekurangannya, ada juga yang gratis dan ada juga yang dikenai biaya. Untuk mendownload dengan aman agar hardisk tidak terkena bahaya virus, kita dapat menggunakan FDM (Free Download Manager), software ini bekerja membantu kita agar melakukan proses download di jalurnya.

Warnet D.net sendiri menggunakan software billing explorer. Mekanisme sistem billing yang menggunakan software pada dasarnya cukup mudah. Kita cukup menginstalnya ke komputer atau notebook, tetapi lain halnya jika kita mengakses melalui internet dan mengoprasikannya menggunakan internet, seperti yang disediakan oleh PSN/IgoS Billing System. Tetapi biasanya billing system keluaran PSN/Igos ini biasa digunakan di warung-warung internet atau warung game online.

Dengan system billing ini maka pemilik warnet dengan pengguna warnet masing-masing terhubung ke software Billing melalui media internet. Si pemilik warnet kemudian mengakses informasi mengenai pemakai warnet menggunakan sistem Billing yang disediakan oleh software free download tersebut. Setelah para pengguna warnet tersebut selesai menggunakan, maka secara otomatis sistem billing akan menghitung berapa biaya yang diperlukan per kilobyte pemakaian.

Sistem Jaringan Komputer Billing system merupakan aplikasi yang terintegrasi, sehingga komputer-komputer yang ada (server dan workstation) harus dihubungkan dengan menggunakan topologi star. Dengan sistem jaringan komputer ini operasional ataupun proses monitoring dapat dilakukan dari mana sesuai, sesuai hak akses masing-masing pengguna.Perangkat yang terpenting dari semuanya adalah sumber daya manusia yang terampil dan disiplin dan juga jujur sehingga sistem dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan.dengan system billing ini diberikan informasi tentang Pendapatan total warnet per hari dan Jumlah pengguna warnet per hari

Kelebihan sistem Billing

(1) Memudahkan pemilik usaha untuk memanage segala transaksi yang terjadi (2) Pemakaiannya lebih praktis (3) Lebih menghemat dari segi pengeluaran, maksudnya dengan menggunakan sistem billing ini setiap usaha hanya perlu memperkerjakan satu orang operator untuk mengontrol segala aktivitas transaksi yang terjadi (4)Simpel dalam menggunakannya karena sudah dilengkapi fiture-fiture standard yang dibutuhkan

Kekurangan sistem billing

(1) Software ini masih mudah di hack (2)Jika internet atau listik di sekitar sedang bermasalah, maka sistem ini pun akan ikut bermasalah, karena sistem ini benar-benar tergantung oleh internet dan juga listrik (3) Jika software masternya terkena virus dan seluruh datanya hilang sulit untuk mencari history back up-nya (4) Menurut para pengguna, sistem ini masih terdapat Bug, dan masih mudah dilumpuhkan. Olehkarena itu keamanan sistem ini belum terjamin sepenuhnya.

Tarif pemakaian :

(1) UMUM (INTERNET) yaitu Rp 1.000/20 menit, akses dengan tarif normal Rp.3.000/jam dan seterusnya (2) MEMBER yaitu Rp 2.500/60 menit,wajib daftar bagi yang belum memiliki user ID dan Password atau cukup dikonfirmasi ulang bagi yang sudah pernah daftar sebelumnya. (3) PAKET 3 JAM, yaitu RP 7.000/3 jam login jam 07.00-19.00, akses sekali masuk RP 7.000 dari menit pertama sampai pada pemakaian 3 jam (tidak ada pengurangan atau akumulasi tarif apabila pemakaian dibawah 3 jam). (4) PAKET 5 JAM yaitu Rp 10.000/5 jam login jam 07.00-17.00, akses sekali masuk Rp 10.000 dari menit pertama sampai pada pemakaian 5 jam (tidak ada pengurangan atau akumulasi tarif apabila pemakaian dibawah 5 jam).

Fasilitas :

(1) 12 buah computer beserta headset (2) cardreader / flash disc (3) foto copy pake printer, ukuran kertas max. A4 Rp 300/lembar. (4) print ukuran f4 untuk : teks hitam Rp 1.000/lembar, teks warna Rp 2.000/lembar, Gambar Rp 4.000/lembar, Pas foto harga disesuaikan (5) pengetikan computer (6) burning disc (7) edit gambar/foto

Kebanyakan, warnet di buka di lahan yang dekat dengan tempat pendidikan, seperti sekolah, tempat les, atau kampus. Sehingga, penggunanya pun tak jauh dari siswa / siswi, mahasiswa, guru, atau dosen yang secara kebetulan atau tidak membutuhkan jasa internet. Tetapi, ketika perkembangan teknologi telah merambah ke seluruh penjuru, warnet pun merambah ke seluruh pelosok pemukiman, dan tempat - tempat yang sebelumnya tidak diperkirakan dapat dijadikan sebagai lahan untuk membuka usaha warung internet. Oleh karena itu, pengguna warnet menjadi semakin luas, mulai dari anak - anak sampai orang tua.

Jadi, Fungsi dan manfaat didirikannya warnet itu sendiri adalah untuk membantu para pengguna untuk memenuhi kebutuhannya akan internet apabila pengguna tersebut tidak memiliki koneksi internet dirumahnya. Warnet itu sendiri sering dijadikan sebagai tempat atau ajang lomba asah kreativitas kita di dalam bidang teknologi informasi, seperti pengadaan lomba permainan online yang berhubungan dengan ketangkasan anak dalam memainkan sebuah permainan, lomba essai tentang dunia internet masa kini, dan lomba - lomba lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar